LDII Bali

Jl.Padang Griya II No.1 Padang Sambian Denpasar. HP.08123962357

LDII diterima Presiden Jokowi dan Ketua MPR

Posted by LDII Bali pada Maret 9, 2016

LDII diterima Presiden Jokowi: tolak paham radikalisme dan dukung empat Pilar Kebangsaan

LDII saat diterima Presiden Jokowi menyampaikan tolak paham radikalisme dan dukung empat Pilar Kebangsaan

Jakarta,

Presiden RI Ir.H.Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan silaturahmi unsur pengurus DPP LDII dipimpin langsung Ketua Umum DPP LDII Prof. KH. Abdulllah Syam MSc di Istana Merdeka, Jakarta, belum lama ini.
Prof KH Abdullah Syam yang juga anggota Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat menuturkan kepada wartawan via email, kemarin, pertemuan dengan Presiden RI juga menyinggung upaya penanganan radikalisme di Indonesia.
LDII, sambungnya, sangat menolak paham radikalisme, aksi terorisme, dan penyalahgunaan Narkoba.
“Kami menolak hal-hal yang bertentangan dengan Pancasila. Radikalisme merupakan kontra Islam yang menginginkan kedamaian. Bahkan, radikalisme sangat bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam. Apalagi agama Islam adalah agama ‘Rahmatan lil alamin‘ (rahmat bagi semesta alam)” tegas H Abdullah Syam.
Menurutnya, DPP LDII dalam upaya melakukan deradikalisasi bekerjasama dengan TNI dan Polri menggelar pelatihan bela negara, pelatihan Da’i Kamtibmas, dan sarasehan Wawasan Kebangsaan. Acara ini digelar di Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Lampung, Bali dan berbagai daerah lain.
Selain itu, lanjut, H Abdullah Syam, LDII bekerja sama dengan PBNU menggelar pelatihan juru dakwah untuk dakwah yang damai dan jauh dari kekerasan serta radikalisme.
Untuk itu, dia mengimbau seluruh bangsa Indonesia harus merawat kemajemukan sebagai modal bangsa membangun peradaban. Perbedaan itu harus diramu agar menjadi kekuatan bangsa.
Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syaifuddin yang hadir dalam pertemuan itu mengatakan, LDII memiliki maksud baik saat bertemu Presiden. Dia menilai, segala kontroversi mengenai LDII saat ini sudah tidak terjadi. Bahkan, LDII merupakan salah satu Ormas Islam yang menolak radikalisme, sebagaimana Ormas Islam lainnya.
Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, penanganan aksi terorisme dan penyebaran paham radikalisme perlu melibatkan semua lapisan masyarakat. “Bila Presiden mengajak LDII berdialog mengenai pemberantasan radikalisme, itu merupakan hal yang wajar,” ujar Luhut.
Menurut Luhut penanganan radikalisme dan terorisme tidak cuma oleh pemerintah saja. Untuk itu Presiden Jokowi akan berdialog dan memanggil Ormas-ormas Islam secara bertahap.

Jadi Ruh Bangsa

 Dalam pertemuan itu, Ketua MPR-RI H Zulkifli Hasan memberikan gambaran mengapa pengamalan Pancasila saat ini menjadi memudar. Yakni, diiawali dengan gejolak 1998, kemarahan sekaligus ketidakpuasan masyarakat diluapkan melalui euphoria reformasi yang berlebihan.
Dikemukakannya, LDII sangat mendukung “4 Konsensinasional” yang dibentuk MPR, terutama Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Dengan latarbelakang itu, LDII ingin berjuang bersama MPR untuk mengembalikan Pancasila menjadi ruh bangsa.
Langkah strategis untuk LDII selanjutnya akan dibahas dalam Musyawarah Nasional (Munas) LDII pada November mendatang. LDII meminta kepada Ketua MPR-RI H Zulkifli Hasan untuk dapat menjadi “keynote speaker” dalam pembukaan Munas. Selain itu, menjelang Munas juga akan diadakan Forum Group Discussion (FGD) terkait evaluasi implementasi Pancasila selama 75 tahun Indonesia Merdeka.
“Kami sedang mewacanakan Pancasila dengan pemahaman teoritikal dan implementasi. Kami ingin mengevaluasi setelah 75 tahun Indonesia Merdeka. Untuk itu, kami ingin bekerjasama dengan MPR untuk menggelar FGD di gedung MPR,”ujarnya.
Menanggapi hal itu, H Zulkifli Hasan merespon positif dan mendukung kegiatan LDII itu. Bahkan, dia mempersilahkan LDII melakukan FGD Pancasila di gedung MPR menjelang Munas LDII serta mengajak semua elemen masyarakat untuk bersatu dan mengurangi kegaduhan. (rel/iqb)

Sumber: http:// harian.analisadaily. com/kota/news/dpp-ldii-tolak-paham-radikalisme/220263/2016/03/08
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: