LDII Bali

Jl.Padang Griya II No.1 Padang Sambian Denpasar. HP.08123962357

Catatan Perjalanan Rombongan Amirul Haji – LDII

Posted by LDII Bali pada Desember 21, 2012

Kepercayaan Negara Untuk LDII

amirul-hajj-ldii-Abdullah-SyamKementerian Agama mempercayai LDII sebagai salah satu anggota amirul hajj, bersama-sama ormas islam lainnya. Harapannya, LDII turut memberi sumbangsih pemikiran agar pelaksanaan ibadah haji kian baik dari masa ke masa.
Pesawat Airbus 330 yang membawa rombongan Amirul Hajj, menteri Agama Suryadharma Ali bersama 10 tokoh ormas islam, berangkat tepat pukul 11.00 dari bandara internasional Soekarno-Hatta. Taka da perbincangan riuh, kabin dipenuhi orang yang berdoa dengan bergumam.
Suasanan menentramkan, semua orang berdebar senang. Hanya saja bagi Ketua Umum DPP LDII Prof. DR. Abdullah Syam, ini tanggungjawab besar. Untuk pertama kalinya LDII menjadi anggota amirul hajj, “Bagi saya dan warga LDII ini adalah kepercayaan yang besar,” papar Abdullah Syam. Penunjukan LDII juga menandakan hubungan yang harmonis antara LDII dengan Kementerian Agama.
Tugas amirul hajj disamping memimpin perutusan misi haji Indonesia di tanah suci, beliau juga mengadakan rapat-rapat, menghadiri undangan-undangan dan atau melakukan pertemuan dengan instansi terkait, melakukan peninjauan ke tempat-tempat pemondokan maupun perkemahan jamaah haji dan ke tempat pelayanan: seperti catering dan kesehatan. Juga memimpin pelaksanaan wukuf dan melakukan evaluasi semua kegiatan.
Adapun tugas anggota amirul hajj adalah mendampingi/mewakili amirul hajj pada kunjungan-kunjungan kerja selama di Arab Saudi, memberikan masukan evaluasi pelaksanaan tugas amirul hajj dan memberikan catatan untuk penyiapan laporan penyelenggaraan haji, “kata Abdullah Syam. Mereka akan memonitor setiap layanan yang diberikan oleh panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Tanah Suci.
Direktur pembinaan Haji Kementerian Agama, Ahmad Kartono, mengatakan, Amirul Hajj bukan sebagai ketua rombongan jamaah haji. Sebab, ketua rombongan jamaah haji Indonesia sudah di lingkup kecil. Tapi, tambah dia lebih pada perutusan jamaah haji Indonesia untuk pemerintah Arab Saudi. Soal penunjukan merupakan kewenangan menteri agama.
Dalam melaksanakan tugasnya, kata Ahmad, amirul hajj dapat memberi instruksi langsung ke panitia dari jajaran PPIH pimpinan sampai ke sektor-sektor . Sebab, hasil monitoring ini akan menjadi bahan evaluasi untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun depan.
amirulhajj-ldii-Abdullah-Syam+Suryadharma-AliMisalnya, lancar tidaknya transportasi jamaah calon haji agar proses ibadah mereka lancar. Kualitas dan kuantitas konsumsi serta pendistribusiannya, apakah sudah tepat waktu atau belum? Makanan mudah basi atau tidak, atau sudah memenuhi syarat kesehatan atau tidak, “Kami juga memantau kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan, memantau tenda-tenda jamaah haji, hingga menerima masukan dan keluhan para jamaah haji”, tegas Abdullah Syam. Amirul hajj harus memastikan peningkatan kualitas penyelenggaraan ibadah haji.
Dalam tugasnya, amirul hajj didampingi tokoh-tokoh ormas islam seperti KH. Hasyim Muzadi dan H. Ahmad Dahlan Rais sebagai naih atau wakil amirul hajj. Sebagai dasar hukumnya adalah Keputusan Menteri Agama RI nomor 749 tahun 2012 tentang pembentukan Amirul Hajj, Naib, Sekretaris, dan anggota pada operasional penyelenggaraan haji tahun 1433 H/2012 M, ditetapkan di Jakarta, 9 Oktober 2012.
Menurut Abdullah Syam, pelaksanaan haji tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Berdasarkan pemantauannya , kekurangan masih ada namun tak berarti dan tak mendatangkan masalah besar. “Misalnya hari pertama makan siang terlambat, namun hari selanjutnya berjalan seperti biasa,” paparnya.
Warga LDII khususnya dan Jamaah haji Indonesia diharapkan bisa Meningkatkan Amal Ibadah
Abdullah Syam berharap, jamaah haji Indonesia dan warga LDII khususnya usai melaksanakan ibadah haji diharapkan makin meningkatkan kesalehan sosial serta meningkatkan amal nyata yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Kemabruran seorang haji ditentukan oleh pelaksanaan yang sesuai dengan tuntunan Rosulullah SAW, tidak dicampuri pelanggaran/dosa, dan sepulang haji akhlaqnya lebih bagus, kata-katanya lebih menyejukkan, lebih hati-hati dalam urusan dunia, dan lebih semangat dalam urusan akhirat,” kata Abdullah Syam
Para jamaah haji dapat meningkatkan amal nyata yang bisa langsung dirasakan oleh masyarakat yang ada di sekitarnya. “Dengan demikian para jamaah haji akan menjadi lentera dalam masyarakat,” paparnya.
Harapan Abdullah Syam sejalan dengan harapan Menteri Agama Suryadharma Ali, yang berharap setiap jamaah haji mampu memberikan keteladanan dan pencerahan bagi 10 orang yang ada di sekitarnya, maka setiap tahun sebanyak dua juta orang akan tercerahkan. “Sehingga apa yang digambarkan dalam Al Quran, Baldatun Thoyyibatun Wa Robbun ghofur akan cepat terwujud,” kata Amirul hajj Suryadharma Ali.
Hambatan ibadah haji saat ini adalah antrian yang panjang. Untuk itu, Abdullah Syam menyarankan calon jamaah supaya memastikan bahwa biro perjalanan hajinya memang mampu terpercaya dan bertanggung jawab. Bisa memastikan kuota keberangkatan. Hal ini juga selalu disampaikan oleh DPP LDII kepada seluruh warga LDII setiap tahun, beberapa bulan sebelum datangnya bulan haji.
Bagi yang berusia lanjut supaya menjaga kondisi agar tetap bugar, agar bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar,” ujar Abudllah Syam. Dia juga berpesan agar mereka yang sudah melaksanakan haji memberi kesempatan kepada calon jamaah haji lainnya, “Wajib ibadah haji itu kan sekali, beri kesempatan orang lain agar bisa beribadah haji,” paparnya.
Sumber: Nuansa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: